Pengertian Thaharoh dan Macam-macam Caranya Berthaharah

1 min read

Klik1ayat.com – Belajar akan pentingnya thaharoh dan pengertian thaharah itu sendiri perlu dilakukan bagi setiap muslim, karena syarat sahnya sebuah ibadah ialah harus dalam keadaan suci atau thaharah, tidak membawa najis dan tidak pula dalam keadaan yang dilarang untuk melaksanakan ibadah.

Dan setiap ibadah diawali dengan syarat-syarat dan rukun di dalam ibadah tersebut, adapun syarat yang paling utama ialah bersuci dari najis, oleh karena itu tulisan ini akan membahas mengenai pengertian thaharoh dan alat-alat yang digunakan untuk thaharoh.

Baca Juga : Macam-macam najis

Pengertian Thaharoh

Pengertian thaharoh secara bahasa adalah bersih dari segala kotoran baik yang terlihat atapun secara ma’nawiyah, dan secara syariat thaharoh ialah mengangkat hadast atau menghilangkan najis atau pengganti dari kedua-duanya ataupun pada perumpamaan mengangkat hadast dan menghilangkan najis. Ini merupakan pengertian yang diungkapkan oleh Imam Nawawi.

  • Mengangkat Hadats : seperti wudhu dan mandi
  • Menghilangkan najis : seperti istinja dengan air (baca. cebok) atau mencuci baju yang terkena najis.
  • Satu makna dari mengangkat hadats : seperti tayamum serta wudhunya sohibul dhoruroh yaitu kencing yang terus menerus, akan tetapi hadast yang ada tidak dapat terangkat hanya saja dapat melaksanakan ibadah tertentu.
  • Satu makna dari menghilangkan najis : seperti istinja (baca, cebok) menggunakan batu, dimana sisa-sia dari najis masih tersisa.
  • Perumpamaan dari mengangkat hadats : seperti mandi-mandi sunah, memperbarui wudhu, basuhan kedua, ketiga disaat membasuh tangan dan lainnya ketika berwudhu.
  • Perumpamaan dari menghilangkan najis :  seperti mencucui kedua dan ketiga disaat menghilangkan najis.

Adapun cara untuk berthaharoh ada 4 macam :

  1. Wudhu, wudhu dilakukan ketika seseorang ingin melaksanakan suatu ibadah dimana tanpa wudhu ibadah yang akan dilaksanakan tidaklah sah, dan hukum wudhu itu sendiri adalah wajib (wajib disaat ingin melaksanakan ibadah) seperti hendak membaca al Qur’an maka hal yang dilakukan kali pertama ialah bersuci dengan cara wudhu karena ada larangan untuk tidak membaca al Qur’an disaat sedang tidak suci.
  2. Mandi, mandi ada dua yaitu sunnah dan wajib. Mandi sunnah dilakukkan sebab akan melaksanakan suatu ibadah seperti hendak melaksanakan shalat jum’at maka disunnahkan untuk mandi, adapun mandi wajib ialah mandi yang dilakukan setelah melakukan hubungan jima’ atau keluarnya mani.
  3. Tayamum, tayamum merupakan pengganti dari wudhu disaat seseorang tidak menemukan air atau dalam keadaan sakit yang tidak diperbolehkan menyentuh air.
  4. dan Menghilangkan najis, menghilangkan najis yang ada di pakaian, tempat ataupun wadah cukup dilakukan dengan tata cara sesuai dengan jenis najis yang ada.

Adapun wasilah atau alat yang dapat mensucikan ada 4 macam :

  1. Air : jika air tersebut suci secara mutlak (tidak tercampur sesuatu/ terkena najis)
  2. Debu : jika debu tersebut suci, mensucikan dan benar-benar debu tanpa tercampur yang lainnya.
  3. Menyamak: jika yang digunakan merupakan benda panas, yang dapat mengangkat daging-daging atau kotoran dari kulit.
  4. Batu untuk istinja : batu yang tidak runcing (tajam), keras dan suci.

Mengapa thaharah itu penting

Setelah membaca akan pengertian dari thaharoh dan bagaimana pelaksanaanya kita tahu bahwa mengapa thaharah itu penting bagi kesempurnaan ibadah kita, sebab tanpa ada thaharah ini maka ibadah yang kita lakukakn akan menjadi percuma.

Thaharoh menjadi syarat mutlak dalam berbagai macam ibadah, sejatinya ia tidak bias digantikan dengan amaliyah lainnya.

Sebagai muslim yang selalu taat beribadah hendaknya ia mampu menjaga thaharoh atau kesucian dari sesuatu yang merusaknya.

Sumber : Kitab Al Aham ‘Mukhtassor Kitab Taqrirot Assyadidah’

Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah

Mempelajari Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah, Puasa Arafah merupakan puasa yang dilaksanakan pada Hari Arafah yaitu hari ke-9 bulan Dzulhijjah. Puasa ini dianjurkan...
admin
4 min read

Aqiqah dan Pengertian Aqiqah

Klik1ayat.com Aqiqah dan Pengertian Aqiqah – Sebagai seorang musilim kita menyadari bawah anak adalah amanah serta rezeki dan kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT,...
admin
8 sec read

Malaikat Bergembira di Masjid

“Kenalkanlah Anak kita dengan Masjid?” Sering Terjadi Waktu Mau Sholat, Anak – Anak Kecil di Suruh Keluar dari Masjid, Alasannya Takut Mengganggu Sholat, Banyak...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *